Tips Bermakeup saat Kulit Berjerawat agar Jerawat tidak Semakin Parah

Jerawat adalah permasalahan pada kulit wajah yang paling banyak dialami oleh para remaja, terutama wanita. Tidak hanya remaja lho, ada juga yang usianya sudah menginajk 20 tahunan tapi masih bermasalah dengan jerawat. Aduh,, masalah yang satu ini memang yang paling sulit di atasi. Jerawat bikin penampilan seseorang jadi kurang sempurna, selain itu banyak juga wanita yang merasa gak percaya diri kalo ada jerawat di mukanya. Tidak hanya itu, wajah berjerawat juga butuh perawatan khusus. Kalau mau memakai riasan wajah juga, harus diperhatikan produk yang akan di pakai. Soalnya jerawat bisa saja makin parah kalau salah pakai produk make up. Gak hanya itu, penggunaan make up yang terlalu tebal juga memicu jerawat untuk tumbuh lagi. Hal penting lainnya yang harus diperhatikan dalah ketika membersihkan bekas make up. Pastikan wajah benar benar bebas dari sisa make up. Jangan sampai ada yang tertinggal sedikitpun. Karena hal tersebut bisa memucu tumbuhnya bakteri jerawat yang nantinya membuat jerawat muncul.

Nah, kali ini kami bakal kasih tips cara bermake up yang baik dan benar untuk tipe kulit berjerawat, agar tidak memperparah kondisi jerawat yang ada. Apa saja tipsnya? Check this out

  1. Gunakan bedak tabur

Kulit berjerawat sangatlah sensitif oleh karean itu hindati menggunakan make up yang tebal. Untuk wajah cukup gunakan pelembab khusus untuk kulit berjerawat, fungsinya untuk menjaga kelembaban kulit wajah. Selanjutnya aplikasikan bedak tabur secara merata. Hindari menggunakan bedak padat, alas bedak, foundation, maupun bb cream ya. Soalnya jenis make up yang disebutkan diatas, terlalu berat untuk kulit berjerawat. Akan lebih baik lagi jika bedak tabur yang digunakan mengandung asam salisil, sulfur, benzoil peroksida, dan sebagainya. Bahan bahan tersebut adalah bisa menjadi penyembuh jerawat. Kalau kesulitan menemukan produk dengan bahan tersebut, kamu bisa menggunakan bedak bayi saja sudah cukup. Untuk bagian yang meradang, kamu bisa menutupinya dengan concealer. Pilihlah yang paling mendekati dengan warna kulitmu, lalu gunakan bedak tabur seperti biasa.

  1. Color concealer

Khusus untuk jenis jerawat yang kemerahan, kamu bisa menutupinya dengan color concealer yang berwarna hijau saja. Soalnya kalo memakai warna yang mendekati kulit wajah, warna kemerahan jerawat akan masih terlihat. Jadi gunakan color concealer yang warna hijau saja.

  1. Hindari menggunakan blush on dan shimmer

Kandungan yang terdapat dalam blush on maupun shimmer adalah terlalu berat. Penggunaan produk ini bisa membuat wajah terlihat lebih segar dan merona. Tapi bagi kulit yang sedang berjerawat, produk ini terlalu berat. Bisa menutupi pori pori, serta memicu kulit sulit bernafas. Dampak terburuknya, jerawat semakin meradang.

  1. Gunakan spray wajah

Sparay ini berfungsi menyegarkan wajah serta membuat maku up lebih tahan lama saat menempel di muka. Jadi kamu gak perlu sering sering touch up. Kamu pasti gak maukan jerawat yang sudah susah payah disembunyikan, menjadi terlihat karena riasan yang digunakan luntur. Jadi jangan pernah lupa menggunakan spray wajah ya setelah selesai bermake up.

  1. Gunakan Blotting Paper

Blotting paper ini sangat berguna untuk tipe kulit berjerawat dan berminyak. Ketika wajah sudah mengkilap atau kusam karena minyak berlebih di wajah, dan kamu lagi malas touch up. Kamu bisa pakai produk ini. Blotting paper ini bisa mengontrol produksi minyak yang berlebih diwajah. Caranya cukup puk puk di area yang terasa berminyak, terutama di arean T. Jadi untuk kamu yang sedang mengalami masalah kulit berjerawat, maupun mempunyai jenis kulit berminyak untuk selalu menyimpan blotting paper di tas.

Admin Pratista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *