BACA INI SEBELUM NYOBA SKINCARE BARU

Kulit merupakan lapisan terluar sekaligus organ paling besar di tubuh kita. Untuk itulah kita harus turut menjaga kesehatan kulit kita. Merawat kulit bisa dari luar maupun dari dalam, tapi kali ini Minsta akan membahas perawatan kulit dari luar ya. Nah cara perawatannya adalah dengan menggunakan skincare. Tapi sebelum Kamu menggunakan skincare, ada beberapa hal yang harus Kamu tau dulu nih, yaitu diantaranya:

  1. Ketahui jenis kulit Kamu

Jenis kulit secara umum terbagi menjadi tiga, yaitu kering, berminyak, dan kombinasi (biasanya berminyak pada area T-zone namun kering di daerah pipi dan dagu). Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui jenis kulit Kamu, salah satunya dengan cara menggunakan bloating paper pada kulit Kamu setelah cuci muka. Perhatikan bagian mana kertas yang menyerap berminyak, dan mana yang tidak.

Dengan mengetahui jenis kulit Kamu, ini akan sangat mempermudah dalam pencarian skincare, karena biasanya brand sudah memiliki rangkaian skincare-nya tersendiri untuk setiap jenis kulit. Tapi satu hal yang harus diperhatikan, meskipun label yang tertulis itu sama dengan jenis kulit Kamu, belum berarti bakal cocok di Kamu ya. Soalnya di dalam skincare kan banyak ingredients nya yang mungkin ga cocok untuk sebagian orang. Bahkan ga sedikit orang yang jenis kulitnya berminyak, setelah memakai satu rangkaian skincare for oily skin, malah kulitnya jadi kenceng ketarik. Jadi lebih baik cobain satu-satu ya untuk setiap produknya.

  1. Cari basic skincare

Sebelum menggunakan bahan eksfoliasi, serum, masker, dll, Kamu harus punya basic skincare dulu. Basic skincare ini ibarat “rumah” buat kulit Kamu, dimana kalo misalkan ada produk yg ga cocok, Kamu tinggal balik ke basic ini yang sudah pasti cocok ke kulit Kamu. Secara umum, basic skincare terbagi menjadi 4 tahapan, yaitu cleansing, toning, moisturizing, dan protecting, atau biasa disingkat menjadi CTMP. Tahapan basic skincare ini nanti Minsta ulas satu persatu di artikel yang berbeda ya.

  1. Kesabaran adalah kunci

Cobalah satu persatu selama kurang lebih 1-2 minggu, atau bahkan sampe 28 hari sesuai dengan waktu regenerasi sel kulit. Apabila tidak terjadi tanda-tanda iritasi (breakout) baru boleh coba ke produk lainnya. Namun jika terjadi tanda-tanda breakout, maka coba kasih jeda dulu untuk pemakaian produk tersebut karena bisa saja breakout-nya disebabkan oleh faktor lain seperti makanan, hormon, stress. Tapi jika yakin breakout-nya disebabkan oleh skincare tersebut, segera hentikan penggunaan produk tersebut dan ganti dengan yang lain.

  1. Atur prioritas

Produk yang memiliki prioritas paling tinggi buat digunakan adalah cleansing, protecting, moisturizing, dan terakhir toning. Setelah itu Kamu bebas eksplorasi ke skincare lainnya seperti exfoliating toner, serum, ampoule, dll.

  1. Baca Review

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk, ada baiknya Kamu biasakan baca review dari setidaknya 3-5 orang yang jenis kulitnya sama dengan Kamu. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran kira-kira produknya bakal cocok apa ngga di kulit Kamu. Tapi ya sebenernya skincare itu sangat personal, walaupun jenis kulitnya sama, bisa saja di satu orang cocok, tapi di orang lain ga cocok. Jadi memang yang paling bener adalah nyobain sendiri di kulit kita.

  1. Nyaman di dompet

Oh iya, tips terakhir yang ga kalah penting nih. Selain cari yang nyaman di kulit, cari juga yang nyaman di dompet ya, haha. Karena skincare pemakaiannya untuk jangka panjang, jadi make sure Kamu beli skincare yang bisa di repurchase terus menerus tanpa membebani keuangan Kamu.

Nah, segitu aja artikel kali ini. Kalo kamu masih bingung seputar permasalahan kulit dan cara milih skincare yang tepat, boleh yuk #curhatinkeminsta aja, Minsta bakal bantu untuk rekomendasiin produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

Klik Link berikut untuk konsultasi otomatis via Wbsite : Link WEB KONSUL

Klik link berikut untuk chat Minsta via WA : Link KONSULTASI & ORDER

Gusriyansyah Rifai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *