Apa Itu Over Moisturizer?

Apa Itu Over Moisturizer?

Memakai moisturizer atau pelembab merupakan suatu hal yang wajib, sebab moisturizer bisa melembabkan kulit wajah dan merawat kulit. Namun tahukah anda jika terlalu banyak memakai moisturizer atau pelembab bisa membuat over-moisturizer? Nah, kenali tanda-tanda over-moisturizer dibawah ini:

Mengenal tanda over-moisturizer

Seperti apa tanda over-moisturizer? Apakah bisa jika terlalu banyak menggunakan moisturizer menyebabkan over moisturizer, pastinya  bisa. Walaupun moisturizer adalah kunci utama dalam merawat kulit agar tetap sehat, tidak memberikan arti bahwa memakai moisturizer terlalu banyak bisa memberikan hasil yang baik. Karena pada pelembab wajah biasanya sudah di formulasikan agar kandungannya terkonsentrasi. Maka dari itu tidak diperlukan menggunakan moisturizer dalam jumlah yang banyak, cukup pakai dua  kali dalam sehari

Akan tetapi, karena sampai pada saat ini banyak sekali yang salah konsepsi mengenai takaran moisturizer yang dibutuhkan oleh kulit, maka masih banyak juga yang memakai moisturizer dengan berlebihan. Terlebih lagi jika kulit dalam keadaan kering, sebagian orang akan memakai moisturizer terlalu sering karena beranggapan dengan banyak memakai moisturizer bisa memberikan hidrasi yang lebih pula. Padahal, sisa-sisa dari moisturizer yang tak terserap kedalam kulit malah bisa menyumbat pori-pori dan berdampak buruk pada kulit.

Dampak over-moisturizer

Lalu, apa saja dampak dari over moisturizer ini? Seperti yang sudah dijelaskan memakai moisturizer dalam jumlah yang banyak atau berlebihan bisa menyumbat lubang pori-pori. Jika pori-pori sudah tersumbat maka bisa mendatangkan segala permasalahan kulit seperti contohnya komedo dan jerawat.

Agar anda tidak over-moisturizer, ada baiknya jika anda mengetahui tanda-tanda over-moisturizer dibawah ini :

  • Berlebihan dalam menggunakan moisturizer bisa membuat moisturizer tidak terserap dengan sempurna.memberikan rasa lengket pada kulit wajah serta memerlukan waktu lama untuk menyerap.
  • Lubang pori-pori anda tersumbat dan mendatangkan masalah kulit wajah seperti jerawat, komedo hingga minyak berlebih.
  • Produk moisturizer atau pelembab anda bisa habis hanya dalam hitungan hari saja atau bahkan kurang dari waktu pemakaian normal.

Jika anda merasakan tanda-tanda di atas pada kulit wajah anda,sebaiknya perhatikan kembali apakah selama ini anda memakai pelembab atau moisturizer dengan takaran yang benar atau malah berlebihan. Pemakaian pelembab atau moisturizer yang tepat satu kulit wajah hanya seukuran koin saja. Akan tetapi hal itu juga tergantung dengan jenis kulit wajah anda. jadi, apabila anda mengalami ke-3 tanda diatas, maka lebih baik lagi untuk mengurangi jumlah pemakaian moisturizer agar tidak berdampak buruk pada wajah anda.

Memakai moisturizer atau pelembab dalam jumlah yang banyak ternyata tidak hanya bisa mengakibatkan komode dan jerawat saja, namun juga bisa membuat kulit malas memproduksi kelembapan alaminya. Ketika anda memakai moisturizer ataiu pelembab dalam jumlah yang berlebihan maka tubuh akan mengirim sinyal pada otak bahwa kulit telah diberikan hidrasi yang cukup. Nah, hal itu bisa membuat produksi kelembapan alam pada wajah menjadi semakin melambat. Jadi over-moisturizer malah bisa membuat wajah anda kering.

Tips dan trik agar terhindar dari Over-moisturizer

Agar anda terhindar dari over-moisturizer, dibawah ini ada 3 hal yang bisa dilakukan :

  1. lakukan kegiatan eksfoliasi secara rutin guna mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati, tujuannya agar moisturizer yang dipakai bisa terserap dengan sempurna.
  2. sebelum memakai moisturizer ada baiknya jika memakai toner terlebih dahulu agar peran moisturizer ini bisa terserap dengan merata.

Admin Pratista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *