Kulitmu Sensitif? Ini Dia Cara Pilih Sunscreen Untuk Kulit Sensitif!

Kulitmu Sensitif? Ini Dia Cara Pilih Sunscreen Untuk Kulit Sensitif!

Kulit sensitif ialah kondisi kulit yang bereaksi secara berlebihan pada hal lingkungan. Reaksi kulit yang berlebihan ini kerap dirasakan saat menggunakan kosmetik, sabun, sampo, atau lotion tabir surya. Kondisi kulit sensitif dapat memburuk ketika terpapar udara yang kering dan dingin. Meski tanda iritasi jarang kali terdeteksi, rasa gatal, perih, tersengat atau sensasi kulit kencang umumnya tidak jarang kali ada.

Tiap orang mempunyai pemicu reaksi kulit sensitif yang berbeda-beda, di antaranya dapat disebabkan oleh polusi dan evolusi suhu. Sebagian lagi dapat terpicu oleh kebiasaan menjalani diet yang menyebabkan penurunan berat badan secara cepat atau efek suatu penyembuhan tertentu.

Penyebab lain sampai-sampai kulit menjadi sensitif ialah terlalu tidak jarang berganti produk dan perawatan kulit yang berlebihan. Mengganti produk terus-menerus dan terlampau sering mengerjakan pengelupasan kulit mati bisa merusak pertahanan kulit, bukannya membina perlindungan yang kuat guna kulit.

Sejumlah situasi di atas bisa melemahkan daya tahan lapisan kulit terluar. Alhasil, kulit merasakan iritasi, terasa panas, dan mengelupas. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk menghindari suhu yang fanatik dan kerjakan pengelupasan kulit melulu satu kali seminggu.

 

Ciri kulit sensitif yang mesti diketahui

Mengetahui ciri-ciri dari kulit sensitif dapat diamati dari rutinitas perawatan individu Anda, seperti bagaimana teknik Anda mengasuh kulit dan menyimak barang-barang yang bersentuhan dengan kulit. Misalnya, deterjen dengan wewangian, produk perawatan rambut yang berisi alkohol, dan sebagainya.

 

Benda-benda yang bersentuhan langsung dengan kulit dapat mempengaruhi situasi kulit. Gunakan tidak jarang kali produk yang lembut, yang dapat menjaga kelembapan kulit Anda. Berikut ini firasat kulit Anda tergolong ciri kulit sensitif.

  1. Bercak atau ruam hadir dengan mudah
  2. Kulit tidak menyerap aroma dengan baik
  3. Produk menciptakan wajah Anda merah atau sakit menyengat
  4. Alergi
  5. Kulit tidak jarang mengelupas
  6. Kulit terasa gatal
  7. Kulit memerah

 

Penggunaan sunblock guna kulit sensitif tidak saja melindungi kulit dari pajanan sinar matahari saja, tetapi pun harus “ramah” di kulit. Sebab bertolak belakang dengan kulit normal, kulit sensitif lebih mudah merasakan iritasi.

Yuk Perhatikan Kandungannya!

Berikut sejumlah hal yang dianjurkan untuk diacuhkan saat memilih sunblock guna kulit sensitif :

  • Hindari sunblock yang berisi Para-aminobenzoic Acid (PABA)

Meski dapat menghalau sinar UV dengan baik, Anda dianjurkan untuk menghindari sunblock yang berisi Para-aminobenzoic Acid (PABA). Sebab pada kulit yang sensitif, tergolong kulit anak, sunblock yang berisi PABA dapat saja mengakibatkan terjadinya reaksi alergi berupa sensasi kulit terbakar atau sakit seperti tersengat. Terlebih andai produk sunblock itu berbahan dasar alkohol.

  • Hindari sunblock yang berbahan benzophenones

Hindari sunblock yang berisi bahan benzophenones untuk menghindari risiko iritasi kulit. Untuk orang yang alergi terhadap kandungan benzophenones, reaksi alergi yang hadir umumnya berupa kulit kemerahan, bengkak, gatal, dan melepuh. Reaksi ini dapat saja hadir sesaat setelah pemakaian sunblock tersebut, atau sejumlah hari setelahnya.

  • Pilih sunblock yang berisi titanium dioksida

Bagi yang sensitif terhadap penyampaian bahan kimia, sunblock yang berisi titanium dioksida lumayan direkomendasikan. Sebab, sunblock jenis ini mempunyai risiko lebih kecil untuk merangsang reaksi alergi pada kulit yang sensitif.

Di samping itu, pastikan bahwa sunblock guna kulit sensitif yang dipakai juga dapat melindungi kulit dari penyampaian sinar UVA dan UVB. Paparan sinar itu tidak baik guna kesehatan kulit sebab dapat mengakibatkan kulit terbakar, merasakan penuaan dini, dan terpapar kanker kulit. Perhatikan pula kandungan SPF dalam sunblock yang bakal digunakan. Pilih sunblock yang berisi SPF 30 atau lebih guna memaksimalkan perlindungan kulit dari pajanan sinar matahari langsung.

Admin Pratista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *