Dampak Pori-Pori Kulit Yang Besar

Dampak Pori-Pori Kulit Yang Besar

Ada banyak sekali keluhan mengenai permasalahn kulit terutama pada wajah, salah satu keluhan yang sering dirasakan adalah memiliki pori-pori wajah yang membesar. Akan sangat mengganggu apabila sampai menimbulkan beberapa masalah lainnya akibat lubang pori-pori yang membesar. Padadasarnya, pori-pori adalah rongga yang terdapat pada permukaan kulit dengan berbentuk lubang yang kecil, pori-pori berfungsi untuk keluar masuknya udara. Karena kulit kita juga butuh oksigen, selain sebagai jalan keluar masuknya udara pada kulit, pori-pori juga berfungsi sebagai jalan keluar dari produksi minyak diwajah dan tempat tumbuhnya rambut halus.

Nah, pori-pori bisa dikatakan membesar apabila pori-pori yang kita miliki ukurannya itu lebih besar dari pada  folikel rambut kita. Dan hal ini biasa kita jumpai pada bagian hidung, pipi, dan dahi. Lalu, apa saja permasalahan yang kita hadapi ketika memiliki pori-pori wajah yang besar? Berikut adalah dampak yang dialami bagi kamu yang  memiliki permasalahan pori-pori besar.

  1. Minyak berlebih

Penjelasan diatas telah menjabarkan bahwa pori-pori merupakan jalan keluar sebum, minyak alami pada wajah. Kelenjar keringat dapat dijumpai pada semua permukaan kecil-kecil pada tubuh. Kelenjar keringat dikenal dengan sebutan sebum. Sebum adalah minyak alami yang dihasilkan oleh permukaan kulit. Sebum yang dihasilkan inilah yang membuat kulit menjadi tetap lembab. Sebum akan keluar melalui pori-pori,ketika jalan keluarnya sebum yakni pori-pori terbuka lebar maka minyak yang keluar juga semakin banyak. Tenu hal ini membuat kamu semakin tidak percaya diri, kamu akan membutuhkan beberapa alat skin care lainnya seperti oil control film untuk kamu bawa kemana-mana agar terhindar dari penampilan dengan wajah penuh minyak. Tidak hana itu, minyak berlebih diwajah juga mambuat make up yang kamu kenakan menjadi tidak tahan lama bahkan bisa saja membuat make up yang dikenakan menjadi jeblok akibat produksi minyak berlebih.

  1. Muncul jerawat dan komedo dengan mudah

Salah satu penyebab seringnya muncul jewarat pada wajah ialah pori-pori yang besar, ini karena pori-pori yang besar membawa serta masuk make up yang kita kenakan kedalam wajah dan sulituntuk dibersihkan. Tidak sampai disitu, debu-debu dari  beberapa aktifitas kita sehari-harijuga terangkut masuk kedalam pori-pori. Ditambah kamu tidak rajin untuk membersihkan wajah setelah menjalni semua aktifitas. Pori-pori yang besar, menyebabkan produksi minyak berlebih pada wajah, minyak berlebih juga memicu timbulnya jewarat, karena jerawat adalah reaksi peradangan dari tersumbatnyalubang-lubang kecil pada permukaan kulit. Selain mudahnya timbul jewarat, pori-pori yang besar juga menyebabkan komedo  pada permukaan kulit mucul. Komedo muncul ketika sel-sel kulit mati tidak dibersihkan dan menumpuk serta minyak berlebih di wajah. Saa kita tidak rajin melakukan  eklfoliasi pada wajah, maka sel-sel kulit mati akan menumpuk dan timbullah komedo. Ada dua jenis komedo yang biasa muncul pada permukaan kulit, yang pertama adalah blackhead komedo ang disebabkan oleh membesarnya pori-pori sehingga kelenjar minyak terbuka lebih lebar lalu terkena paparan udara kotor dan berubah warna menjadi hitam. Yang kedua adalah whitehead komedo, komedo yang satu ini m uncul ketika pori-pori taerkandung minyak dan bakteri.

  1. Rambut halus tumbuh lebih banyak

Saat pori-pori wajahmu membesar,pertumbuhan rambut halus pada wajahmu akan lebih gampang untuk mencapai permukaan kulitsehingga akan lebih benayak tumbuh bagi kamu yang memiliki pori-pori besar. Sebaliknya, jika kamu memiliki pori-pori yang kecil maka rambut halus akan sulit untuk muncul sampai kepermukaan kulit.

Admin Pratista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *