Cara Merawat Jenis Kulit Kombinasi

Cara Merawat Jenis Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi adalah perpaduan dari dua jenis kulit, yakni kering dan berminyak. Maka hal tersebut penting untuk Anda untuk mengerjakan perawatan yang tepat. Perawatan yang salah malah dapat memicu sekian banyak  masalah kulit baru, contohnya jerawat.  Merawat kesehatan kulit kombinasi pasti tidak semudah merawat satu jenis kulit saja. Kulit kombinasi dengan kata lain Anda mempunyai dua jenis kulit, yakni kulit kering dan kulit berminyak, yang perlu dipertahankan kesehatannya secara bersamaan. Salah-salah memilih produk atau teknik perawatan malah akan memperburuk masalah kulit Anda. Berikut ini ada teknik yang dapat menolong menjaga kulit kombinasi agar tetap sehat dan bercahaya sepanjang hari.

 

Pilih pembersih wajah yang tepat

Saat muka diisi oleh jerawat, Anda barangkali tergoda untuk memakai produk pembersih wajah berbahan dasar minyak (oily-based moisturizer)supaya jerawat segera hilang. Namun, pembersih wajah jenis ini tidak sesuai digunakan oleh Anda yang mempunyai kulit kombinasi.

Menggunakan pembersih berbahan dasar minyak melulu akan meningkatkan produksi minyak di wilayah T-zone dan mengiritasi kulit kering Anda.

Pilihlah pembersih wajah berbahan dasar air, baik berbentuk gel atau krim, yang sifatnya lebih lembut dan aman guna kulit kombinasi Anda. Pembersih berbahan dasar air efektif guna menghilangkan kotoran yang menumpuk di wajah tanpa menciptakan kulit terasa berminyak atau kering sesudahnya.

Di samping itu, pastikan Anda membasuh muka dengan benar supaya tidak memperparah masalah kulit Anda.

 

Gunakan air hangat

Saat Anda membasuh muka, usahakan pakai air hangat daripada air dingin. Pasalnya, suhu hangat bisa meluruhkan kandungan minyak berlebih di wajah secara perlahan.

Di samping itu, uap panas yang didapatkan juga dapat menolong membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori Anda. Setelah selesai membasuh muka, keringkan dengan menepuk-nepuk wajah memakai handuk bersih, bukan menggosoknya.

Agar kelembapan kulit semakin terjaga, gunakanlah hydrating serum yang sesuai untuk seluruh jenis kulit. Hydrating serum dapat menolong mengurangi minyak berlebih sampai-sampai menyamarkan masalah kulit kombinasi Anda.

 

Pakai toner

Kulit berminyak dan kulit kering memiliki ekuilibrium pH yang berbeda, maka tersebut penting untuk memakai toner setelah membasuh muka.

Adapun toner berfungsi untuk mengawal kesehatan dan kelembapan kulit kombinasi. Akan tetapi, pastikan toner yang Anda pakai bebas alkohol supaya tidak menciptakan kulit semakin kering dan menangkal produksi minyak berlebih.

 

Lakukan eksfoliasi paling tidak dua kali seminggu

Anda barangkali merasa sudah mencuci dan melembapkan kulit kombinasi Anda dengan benar. Namun, bila Anda belum mengerjakan eksfoliasi atau menghilangkan sel-sel kulit mati di wajah, maka perawatan kulit yang Anda kerjakan belum maksimal.

Kulit kombinasi menciptakan pipi tampak lebih kering dan bersisik, tetapi di sisi lain pun membuat lokasi wajah lainnya ingin berjerawat. Karena itu, eksfoliasi berfungsi untuk mencuci pori-pori yang tersumbat sekaligus mengawal kulit tetap halus.

 

Hindari produk yang berisi alkohol

Saat Anda memakai produk kecantikan yang berisi alkohol, kulit bakal terasa semakin kering. Secara bersamaan, kulit wajah bakal memproduksi minyak secara berlebihan guna menjaga ekuilibrium kadar minyak di kulit.

Ini pasti akan memperburuk masalah kulit kombinasi Anda. Oleh sebab itu, pastikan guna selalu menyimak label pada masing-masing produk kecantikan yang Anda gunakan, baik  pembersih wajah, toner, dan produk kecantikan yang lainnya.

 

Lindungi kulit dengan vitamin A

Faktanya, vitamin A ialah salah satu antioksidan powerful yang dapat menolong menangkal radikal bebas. Karena itulah, pastikan produk kecantikan  yang dipilih berisi sebanyak vitamin A supaya kulit  terlindungi. Bagi memudahkannya, carilah kata retinol atau tretionin, dua jenis vitamin A yangtidak sedikit disebutkan di dalam label produk.

Efek vitamin A dalam produk kecantikan dapat menciptakan bakteri penyebab jerawat menjadi susah untuk berkembang. Di samping itu, vitamin A juga berfungsi untuk mempercepat peralihan sel kulit sehingga menangkal Anda dari penuaan dini.

Admin Pratista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *