Penyebab dan Cara Mengatasi Dahi Bruntusan

Penyebab dan Cara Mengatasi Dahi Bruntusan

Beruntus atau jerawat kecil-kecil yang hadir layaknya kumpulan di wajah memang paling mengganggu penampilan. Salah satu lokasi wajah yang sangat sering merasakan beruntusan ialah dahi. Lain halnya dengan jerawat yang punya ukuran lumayan besar serta sering disertai dengan rasa nyeri, beruntusan lazimnya tidak memunculkan efek tersebut. Meskipun ukurannya termasuk kecil, tetapi bruntusan biasanya datang secara mengeroyok dan dapat bertahan dalam kurun masa-masa yang lumayan lama. Nah, sebelum menyimpulkan mengambil tahapan untuk mengobatinya, sebaiknya ketahui dulu penyebabnya di sini!

 

Masalah pencernaan

Di dalam tubuh ada sistem dan jaringan yang saling berhubungan. Nah, bukan tak mungkin andai penyebab beruntusan di wajah anda berada di masalah pencernaan.

Agar lebih meyakinkan, sebaiknya Anda pergi ke dokter dan memeriksakan diri guna meyakinkan tak terdapat masalah pada tubuh yang nantinya dapat merangsang masalah lainnya.

 

Hormonal

Meningkatnya hormon testosteron yang berlebihan pun ternyata dapat menjadi penyebab timbulnya beruntusan di dahi yang seringkali bertahan lumayan lama. Kelebihan hormon testosteron lazimnya akan memicu kelenjar yang pasti saja akan merangsang timbulnya bruntusan. Kalau telah begini, rajin-rajin mencuci wajah dan senantiasa melembapkan kulit dengan pelembap.

 

Dipicu oleh Stres

Hidup yang berpacu dengan masa-masa dan segala deadline kegiatan yang ada, pasti saja tidak menutup bisa jadi dapat memunculkan stres. Selain dominan pada benak dan mood, stres berlebih rupanyapun dapat memengaruhi kulit yang bisa berujung pada timbulnya beruntus di dahi. Beruntusan ini timbul sebagai reaksi dari emosi anda yang tidak cukup stabil dampak stres. Bagi Anda yang sedang mengatasinya, jajaki bebaskan pikiran anda dan lebih enjoy dalam menjalani hidup!

 

Model Rambut

Dahi adalah bagian wajah yang sangat sering bersentuhan langsung dengan rambut. Apalagi andai Anda mempunyai model rambut dengan poni yang tidak jarang kali menempel di dahi. Jika Anda berpikir cara ini bisa menutupi bruntusan di dahi, sayang sekali, teknik ini yang terdapat malah melulu memperparah kondisinya. Poni anda tentu pun terpapar oleh debu dan polusi, bukan? Coba bayangkan, deh! Jika anda selalu menempelkan poni yang tidak cukup bersih pada dahi yang beruntusan, nggak mengherankan andai kondisinya semakin parah. Oleh sebab itu, hindari hal ini supaya beruntusan cepat hilang.

 

Pemakaian Helm atau Topi

Di samping rambut, pemakaian helm ataupun topipun dapat mengakibatkan timbulnya beruntusan di dahi dampak terjadinya kontak langsung. Meski terlihat bersih, bukan urusan yang mustahil andai kedua benda tersebut ialah sumber bakteri yang mengakibatkan timbulnya beruntusan. Meski demikian, bukan berarti anda harus menghindari pemakaian keduanya, kok! Hanya saja, pastikan kebersihan helm atau topi yang akan di pakai guna menangkal terjadinya beruntusan di hari.

Pengobatan jerawat pun perlu menyimak faktor-faktor di atas. Jerawat bisa timbul kembali andai faktor-faktor di atas tidak bisa dikontrol dengan baik. Di samping pengobatannya memang memerlukan kesabaran, pun memerlukan pengendalian dari pola makan, membersihkan wajah, pengendalian stress dan sebagainya.

 

Konsumsi makanan rendah karbohidrat dapat memprovokasi kontrol hormonal pada jerawat sampai-sampai jerawat bisa membaik. Kadar gula dalam darah yang terkontrol bisa memperbaiki situasi berjerawat. Di samping itu, produk susu dan pun makanan berlemak usahakan pun dihindari. Makanan-makanan ini dapat mengakibatkan terjadinya penambahan minyak dalam kelenjar sebasea kulit sehingga merangsang terjadinya jerawat.

Pengobatan bruntusan didasarkan dengan teknik mengurangi buatan minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat peralihan sel kulit dan meminimalisir peradangan. Obat yang bisa digunakan ialah retinoic acid, benzoil peroksida, dan antibiotik topikal/oles. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum menyerahkan hasil dalam 4-6 minggu awal. Pengobatan yang diserahkan dapat termasuk penyembuhan luar dan pun obat-obatan minum tergantung derajat keparahan jerawat.

Admin Pratista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *