Jerawat Batu Jangan Dipencet. Ini Akibatnya!

Jerawat Batu Jangan Dipencet. Ini Akibatnya!

Jerawat sendiri telah mulai muncul pada wajah sejak umur remaja, dimana kemunculan jerawat ini dirangsang oleh tidak sedikit hal, yang di antara pemicu utama timbulnya jerawat ialah munculnya hormone – hormone pada tbuh yang terjadi saat masa pubertas. Jerawat batu adalah kemunculan bintik – bintik pada unsur wajah, yang bisa terasa bilamana diraba dengan tangan. Biasanya jerawat mempunyai dua kategori, yakni ketegori sedang dan kelompok parah. Jerawat dengan kelompok sedang seringkali hanya hadir pada unsur tertentu dan pun dapat cepat sembuh. Berbeda dengan jerawat yang parah, mereka seringkali muncul sekaligus pada sejumlah wilayah wajah, dan pun bergerombol serta susah untuk disembuhkan. Kerap kali orang mempunyai kegemaran memencet jerawat, ataupun gemas guna memencet jerawat. Namun, tahukah bahwa memencet jerawat melulu akan memperburuk peradangan yang terjadi pada jerawat.

 

Menimbulkan bekas

Dalam masa-masa singkat, memencet jerawat barangkali akan menyerahkan efek sepertihalnya  jerawat yang telah hilang dari wajah Anda. Namun, pekerjaan memencet jerawat ini malahan akan memunculkan bekas luka yang terlihat paling jelas. Kulit menjadi trauma bahkan lecet ketika tangan memencet jerawat dengan kuat. Trauma ini akan memunculkan noda kehitaman bekas jerawat batu dan membutuhkan waktu lama guna sembuh.

Terjadi iritasi

Sesudah dipencet, jerawat akan hadir kembali, seringkali disertai kemerahan atau iritasi. Bahkan iritasi dan peradangan membekas yang lebih lama dari jerawat. Iritasi pun dapat mengakibatkan efek buruk lainnya, contohnya luka pada kulit, kulit terasa gatal, ,kulit memerah, rasa perih pada unsur jerawat.

Menyebabkan Infeksi

Memencet jerawat menciptakan bakteri masuk lebih dalam ke kulit. Masuknya bakteri ini dapat mengakibatkan infeksi pada pori tersumbat, membuat wilayah sekitar jerawat lebih memerah dan meradang.

Kemunculan jerawat yang meningkat parah

Samahalnya dengan infeksi, ketika  memencet jerawat wajah di wajah anda, maka kuman – kuman dan pun bakteri yang berasal dari jerawat yang telah dipencet dan dirasa hilang bakal menyebar ke lokasi sekitar wah anda. Urusan ini malahan bakal memperburuk suasana jerawat pada wajah anda. urusan ini akan mengakibatkan kemunculan jerawat lainnya pada unsur wajah anda, yang diakibatkan oleh keluarnya bakteri dan kuman, yang menyebar ke bagian lain dari wajah anda. Karena itu, paling tidak dianjurkan untuk memencet jerawat, sebab dapat memunculkan kemunculan jerawat yang jauh lebih parah dari sebelumnya.

Pendarahan

Bahaya lainnya yang mungkin dapat muncul dampak kebiasaan memencet jerawat ialah terjadinya pendarahan pada unsur jerawat yang di pencet. Hal ini dapat mengakibatkan munculnya pendarahan, dan bilamana berada pada level yang parah, khususnya bagi yang merasakan kelainan pada sistem pembekuan darah akan berdampak fatal, sebab kemungkinan pendarahan bakal terjadi secara terus menerus dan pun terjadi berulang kali. Di samping itu bilamana terjadi penadarahan yanglumayan parah, Anda akan merasakan kondisi kekurangan darah, atau yang biasa anda kenal dengan istilah anemia, yang memiliki fenomena :

  • Tubuh terasa lemas
  • Konsentrasi menurun
  • Mudah terserang penyakit.

Menimbulkan bekas luka

Bagi yang memandang bahwa dengan memencet jerawat akan menciptakan wajah Anda bersih dari jerawat yang mengganggu, maka sepertinya salah besar. Dalam masa-masa singkat, memencet jerawat barangkali akan menyerahkan efek  jerawat yang telah hilang dari wajah anda. Namun  ternyata pekerjaan memencet jerawat ini malahan akan memunculkan bekas luka yang terlihat paling jelas. Hal ini pasti saja bakal sangat dominan bagi Anda yang concern bakal penampilan wajah anda, bukannya menghilangkan jerawat, justeru akan memunculkan bekas luka yang mengganggu.

Kematian

Mungkin terdengar tidak banyak berlebihan bilamana memencet jerawat batu dapat mengakibatkan kematian. Namun ternyata, urusan ini memang benar dan bisa terjadi. Ada wilayah pada unsur wajah yang dinamakan dengan segitiga kematian, yang berada pada lokasi sekitar hidung, sebab mengandung syaraf – syaraf yang penting. Apabila secara tidak sengaja Anda memencet jerawat pada tempat ini, dan terjadi pendarahan atau infeksi, maka efek buruknya ialah kematian.

Admin Pratista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *