Penyebab Jerawat Batu

Penyebab Jerawat Batu

Jerawat batu yang bentuknya besar dan merah ini jenis jerawat yang disertai peradangan hebat, jadi memang rasanya lebih sakit. Sebelum berjuang mengatasi masalah jerawat batu, baiknya anda mengetahui terlebih dahulu penyebab timbulnya jerawat batu ini supaya dapat mengambil tahapan penanganan yang tepat.

 

Jerawat Batu

Jerawat batu alias cystic acne ialah jerawat yang terbentuk jauh di dalam kulit yang diakibatkan penyumbatan oleh sel kulit mati, dapat juga diakibatkan karena terperangkapnya bakteri di dalam pori-pori. Akibatnya, hadir benjolan merah dan bernanah. Sebagian besar jerawat batu ini memunculkan rasa sakit saat tersentuh, namun adapun orang yang menyatakan tidak merasa sakit saat menekan jerawatnya.

Peradangan juga dapat terjadi. Hal ini diakibatkan adanya friksi pori di bawah kulit, menciptakan peradangan menyebar ke jaringan kulit. Jika urusan itu terus berlanjut, dapat menyebabkan peradangan lebih meluas lagi dan jerawat-jerawat baru juga muncul.

Apa saja ciri timbulnya jerawat batu?

Biasanya penyumbatan pori-pori dirangsang kelenjar minyak yang memproduksi minyak berlebih pada kulit, akhirnya mengakibatkan peradangan dan iritasi pada kulit. Jerawat batu tidak hanya didatangi di lokasi muka saja, ia dapat muncul di sejumlah bagian tubuh, contohnya di punggung, di dada, lengan atas dan bahu. Berikut ini ciri yang dapat Anda kenali:

  • Bentuknya besar, berwarna kemerahan dan seringkali menimbulkan rasa sakit.
  • Nodul terangkat ke atas, tidak kelihatan komedo putih.
  • Bernanah, seringkali ada di dalam kulit, sebelum kesudahannya keluar.
  • Jerawat ini menghasilkan kista dan nodul, sampai-sampai terlihat jelas di permukaan kulit.
  • Ada yang memunculkan rasa sakit bahkan saat tidak disentuh.

 

Apa penyebabnya?

Faktor Genetik

HalĀ  yang dapat menjadi penyebab munculnya jerawat batu ialah faktor genetik. Coba anda perhatikan orang tua. Apakah orang tuamu mempunyai jenis wajah berminyak dan sering merasakan jerawat batu? Jika iya, jerawat batu yang sering anda alami itu dapat jadi diakibatkan karena masalah genetik.

Jerawat batu memang lebih gampang tumbuh di kulit yang berminyak. Oleh sebab itu, andai mempunyai kulit yang berminyak, maka anda akanĀ  paling rentan untuk terpapar jerawat batu. Nah karena anda tahu bila kulit berminyak dan hal genetik ini dapat menjadi pemicu utama jerawat batu, usahakan anda selalu rajin mencuci wajah supaya terhindar dari kotoran dan minyak. Jadi, urusan ini dapat mencegah jerawat batu supaya tidak muncul.

Kosmetik

Esensi pemakaian kosmetik seharusnya memang untuk menambah rasa percaya diri dan membuat anda tampil lebih cantik. Akan tetapi, butuh juga diacuhkan bahwa sejumlah bahan-bahan yang terdapat di dalam kosmetik dapat memicu munculnya jerawat, hal ini tergolong jerawat batu. Apalagi bila memang tipe kulitmu sensitif, pemakaian kosmetik yang tidak cocok dapat memperparah suasana kulitmu. Di samping itu, jerawat batu dapat juga diakibatkan karena pemakaian makeup yang tebal seharian dan anda tidak segera membersihkannya. Hal ini dapat merangsang munculnya jerawat batu yang diakibatkan karena pori-pori wajah tersumbat oleh kosmetik yang anda pakai. Makeup yang oil-based atau mempunyai kandungan minyak yang terlalu tidak sedikit juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat batu.

Gaya Hidup Tidak Sehat

Mungkin urusan ini tersiar klise sebab semua penyakit yang hadir termasuk jerawat bisa bermula dari gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat penyebab munculnya jerawat batu dapat bermacam-macam misal saja seperti merokok, minum-minuman beralkohol, mengkonsumsi makanan penyebab jerawat terus menerus, tidak cukup minum air putih dan kurangnya masa-masa beristirahat. Merokok bisa mempersempit pembuluh di kulit dan bakal merusak sel-sel kulit. Jika sel kulit anda rusak, maka urusan ini dapat mengakibatkan penumpukan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan akan memunculkan jerawat batu.

Admin Pratista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *