Cara Mengatasi Jerawat Batu

Cara Mengatasi Jerawat Batu

Kulit yang berjerawat ialah kondisi yang bakal jadi pengganggu penampilan. Terlebih lagi ukuran jerawat tersebut lumayan besar dan paling terlihat jelas di unsur hidung atau dagu. Meski jerawat tidak jarang terjadi di anak muda, tetapi di masa dewasa juga kita pun mengalami kulit yang berjerawat.

Jerawat sendiri merupakan situasi kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Gejala dari jerawat ini berkisar dari komedo yang tidak berinflamasi, sarat nanah atau benjolan besar berwarna merah serta benjolan lunak. Salah satunya ialah jerawat batu yang mengakibatkan wajah menjadi kemerahan disertai dengan benjolan empuk tapi sarat nanah. Jerawat ini memunculkan rasa sakit atau gatal. Jerawat batu ada pada wajah, dada, punggung, lengan atas, dan bahu.

jerawat batu ini pun seringkali membekas jerawat yang hitam. Hal ini meningkatkan permasalahan baru pada kulit wajah, yakni menyamarkan noda hitam bekas jerawat.

Sebab itu, jerawat batu mesti ditangani dengan benar bahkan sejak mula kemunculannya. Salah satu ramuan yang dapat kamu pakai untuk menanggulangi jerawat batu ialah ramuan gabungan dari kunyit, jeruk nipis dan madu. Kombinasi ketiga bahan ini lumayan sempurna sebab kandungan curcumin pada kunyit, vitamin C pada jeruk nipis, yang dipadukan dengan madu paling baik guna meregenerasi kulit.

 

Putih telur

Putih telur berisi enzim lusozim yang dapat menghancurkan dinding sel dari bakteri penyebab jerawat. Tak hanya itu, putih telur mampu mengecilkan pori-pori kulit, serta mengurangi keunggulan minyak pada wajah.

Cara alami menghilangkan jerawat batu memakai putih telur:

  1. Siapkan telur, sisihkan kuningnya, ambil unsur putih telurnya saja.
  2. Kocok putih telur sampai mengembang, kemudian oleskan pada unsur yang berjerawat.
  3. Biarkan sekitar 10 menit, kemudian cuci muka Anda dengan air hangat.

 

 

Madu dan kayu manis

Madu ialah cairan kental yang banyak sekali terbuat dari gula jenis glukosa dan fruktosa. Gula itu dalam madu berisi protein, vitamin, mineral dan pun enzim. Karena kandungannya tersebut, sudah semenjak lama tidak sedikit orang yang memakai madu sebagai pilihan pengobatan medis guna kulit. Contohnya guna mengobati ketombe di kulit kepala, psoriasis, luka bakar, dan pun infeksi jamur. Madu pun sering dimasukkan dalam produk-produk perawatan kulit. Madupun terkenal ampuh untuk menanggulangi jerawat. Hal ini berhubungan dengan madu guna membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri. Tinggi gula pada madu asli bisa memberi desakan pada sel bakteri, sehingga menciptakan mereka ingin tidak berkembang biak.

 

Madu pun memberikan kelembapan alami pada kulit, sehingga sesuai untuk orang yang kulitnya kering namun berjerawat. Mirip halnya madu, kayu manispun mempunyai khasiat sebagai antimikroba. Di samping itu, kayu manis pun dapat menjaga pori-pori wajah. Kayu manis mengantongi sifat astringen, yaitu dapat menolong mengecilkan pori-pori sehingga menciptakan kulit terlihat lebih halus. Sebuah riset yang menganalisis sekian banyak  hasil tulisan ilmiah mengenai kayu manis menunjukan bahwa kayu manis pada dasarnya mempunyai khasiat antimikroba serta khasiat pengobatan luka. Di samping itu, semua peneliti pun menemukan bahwa kayu manis mempunyai khasiat antipenuaan di kulit.

Admin Pratista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *