Alasan Jerawat Tetap Muncul Meski Kamu Sudah Bersihkan Wajah Secara Rutin

Alasan Jerawat Tetap Muncul Meski Kamu Sudah Bersihkan Wajah Secara Rutin

Jerawat pastinya menjadi masalah yang mengganggu, khususnya bagi Anda para wanita. Pernahkah merasa jengkel karena jerawat masih juga muncul meskipun Anda rutin membersihkan wajah? Jika iya, ternyata masalah semacam ini juga banyak ditemukan pada hampir 50% mereka yang menderita masalah wajah yang sama.

Nah, ternyata hal tersebut tidak hanya dikarenakan sumbatan kelenjar sebum oleh minyak saja lho! Ada faktor lain yang bisa menyebabkan munculnya jerawat meski wajah Anda rutin dibersihkan. Apa saja sebabnya? Simak lima diantaranya berikut ini yuk!

1. Pengaruh Hormonal

Dikatakan pengaruh hormonal bila ternyata Anda tergolong sebagai individu yang mudah mengalami stres atau cenderung menggunakan pikiran dalam mengatasi problem yang dihadapi. Perlu diketahui bahwa ternyata pengaruh hormonal ini justru menjadi faktor paling utama dari munculnya jerawat meskipun Anda rutin membersihkan wajah.

2. Makanan

Jenis makanan yang dikonsumsi ternyata menyumbang besar sebagai faktor kedua mengapa jerawat masih saja muncul meski wajah sudah dibersihkan secara rutin. Menurut pakar spesialis kulit dr Eddy Karta SpKK, menambahkan bahwa jenis makanan yang mengandung gula, makanan manis, makanan dengan kandungan susu dan lemak yang berlebihan ternyata menjadi penyebab jerawat paling banyak. Jenis makanan tersebut mampu meningkatkan risiko terjadinya radang pada kulit dan memicu munculnya jerawat pada wajah, khususnya di bagian pipi. Untuk itu, sebaiknya Anda menghindari tipe makanan tersebut dan menggantinya dengan konsumsi makanan tinggi antioksidan.

3. Kebiasaan

Di era yang semakin berkembang seperti sekarang, wajar menjumpai seseorang dengan kebiasaan tidak sehat, mulai dari pola makan hingga pola hidup. Beberapa jenis kebiasaan yang menyangkut pola hidup tidak sehat juga menjadi alasan jerawat tetap hadir di wajah Anda. Cobalah untuk mengurangi kebiasaan begadang larut malam atau kebiasaan lain seperti merokok dan mengonsumsi minuman kemasan yang mengandung pengawet dalam jumlah besar. Jenis kebiasaan semacam ini ternyata bisa memicu datangnya jerawat di area tertentu seperti hidung dan dahi.

4. Kosmetik

Alasan lain yang kemungkinan besar menjadi penyebab jerawat di wajah Anda adalah pemakaian kosmetik yang berlebihan atau tidak sesuai. Tidak sesuai disini adalah jenis kosmetik tersebut bukanlah yang disarankan untuk tipe kulit Anda yang mungkin sensitif. Pakai kosmetik yang berformula ringan dan hanya dipakai pada saat dibutuhkan saja. Bersihkan wajah dari sisa kosmetik bila sudah tidak diperlukan dan yang paling penting adalah membersihkan dengan cara yang benar. Beberapa orang ternyata belum mempraktikkan cara membersihkan wajah dengan benar, sehingga sisa kotoran dan pembersih masih tertinggal di pori-pori wajah dan memicu terjadinya jerawat.

5. Kelainan Kulit

Jerawat ternyata juga bisa mengindikasikan adanya kelainan kulit yang diderita seseorang. Bagi sebagian orang, kelainan kulit bisa dikarenakan genetik yang memang dimiliki oleh orang tersebut. Untuk kelainan kulit semacam ini perlu adanya referensi dari dokter ahli yang akan menyarankan pada Anda mengenai tindakan yang harus dilakukan untuk mengurangi munculnya jerawat sekaligus mengobatinya.

Nah, itu tadi adalah beberapa alasan jerawat masih muncul di wajah Anda meski secara rutin sudah membersihkan wajah. Pengaruh dari membersihkan wajah dengan cara yang kurang tepat juga bisa menjadi pemicunya. Untuk itu, perlu Anda perhatikan beberapa faktor diatas dan segera berkonsultasi bila ternyata ada penyebab lain dari timbulnya jerawat meski sudah menghindari faktor pemicu jerawat tersebut. Semoga bermanfaat!

Admin Pratista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *