Cara Memilih Sunblock yang Tepat

Cara Memilih Sunblock yang Tepat

Sunblock merupakan perlindungan yang tepat untuk kulit Anda, terutama ketika Anda beraktifitas di luar ruangan. Penggunaan tabir surya sebaiknya juga tidak hanya dilakukan saat bermain di pantai saja, melainkan setiap kali Anda keluar rumah. Sunblock mampu melindungi kulit dari bahaya sinar UVA dan UVB yang bisa memicu kanker kulit. Sunblock juga efektif mencegah proses penuaan kulit yang diakibatkan sinar matahari tersebut. Itulah sebabnya, produk pelindung yang satu ini dinilai sangat penting untuk kulit dalam jangka panjang.

Sunblock yang tersedia di pasaran terdiri dari beragam jenis, kandungan, hingga harga yang bersaing. Namun, hal yang paling penting saat memilih sunblock adalah memerhatikan beberapa faktor sebagai berikut ini, yuk simak!

1. Tingkat Proteksi

Sunblock memiliki tingkat proteksi yang berbeda-beda. Untuk itu, Anda perlu mengetahui seberapa tingkat perlindungan yang diberikan untuk sunblock yang mengandung SPF tersebut. Misalnya, untuk sunblock dengan SPF 15, setidaknya akan menyaring sekitar 93% dari sinar UVB, SPF 30 sebanyak 97%, SPF 50 sekitar 98%, dan SPF 100 sebanyak 99%. Meski perlindungan mencapai 99%, tidak tersedia sunblock yang melindungi kulit dari sinar UVB hingga 100%.

2. Perlindungan Sinar UVA dan UVB

Selain penuaan kulit, penggunaan sunblock ini juga disinyalir merupakan pencegahan efektif terhadap risiko kanker kulit. Meski sinar UVA tidak begitu berbahaya, namun paparan sinarnya bisa menimbulkan peradangan hingga iritasi serius yang akan memicu kondisi buruk pada kulit. Pastikan memilih sunblock yang bisa menjaga kulit dari sinar UVA atau UVB sekaligus. Ada pilihan UVA/UVB protection, multi spectrum hingga broad spectrum yang mampu melindungi kulit dari sinar UVA, UVB, hingga UVC yang dikenal sebagai penyebab masalah kulit serius.

3. Jenis Kulit

Sesuaikan dengan jenis kulit ketika Anda hendak memilih sunblock.Ada tipe kulit berjerawat yang sebaiknya menggunakan sunblock dengan formula ringan hingga berbentuk gel yang cocok untuk dipakai kulit berminyak. Dengan pemilihan jenis sunblock yang tepat, Anda bisa menggunakannya dengan nyaman sepanjang hari.

4. Perhatikan Kadaluarsa

Jangan lupa memerhatikan tanggal daluarsa dari setiap produk yang akan dibeli. Sunblock pada umumnya hanya bisa bertahan paling lama 2 tahun setelah produk dibuka segel. Artinya, saat membeli Anda wajib memperkirakan waktu habis dan penggunaan, serta tanggal kadaluarsa dari produk tersebut.

5. Tahan Air Atau Tidak

Pilihan sunblock yang tahan air dipakai untuk Anda yang akan melakukan aktifitas di dalam air seperti berenang, menyelam, atau bermain ombak pantai. Sebagian jenis sunblock tidak tahan air dan akan luntur saat tersiram air. Itulah sebabnya, pilih sunblock yang sesuai dengan kebutuhan dan aktifitas yang akan dilakukan ya!

6. Tekstur Sunblock

Kenapa harus memerhatikan tesktur sunblock? Ternyata banyak produk sunblock yang justru lengket saat digunakan. Ini tentunya membuat kulit menjadi tidak nyaman, apalagi ketika harus menggunakannya seharian penuh. Sebelum memutuskan untuk membeli sunblock, ada baiknya mencobanya terlebih dulu di sebagian kecil kulit Anda dan memastikan bahwa kulit terasa nyaman dengan sunblock yang menyatu dengan permukaan kulit tersebut.

Nah, beberapa faktor diatas bisa menjadi pertimbangan ketika Anda hendak membeli sunblock. Pastikan memilih jenis sunblock yang sesuai untuk jenis kulit dan kandungan yang aman untuk kulit. Hal ini akan membuat perlindungan maksimal yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat untuk referensi Anda ya!

Admin Pratista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *