Lupa Pakai Sunblock? 5 Bahaya Ini Bisa Mengintai Kulitmu Lho!

Lupa Pakai Sunblock? 5 Bahaya Ini Bisa Mengintai Kulitmu Lho!

Mengingat bahaya radiasi yang disebabkan oleh sinar UV yang berasal dari matahari, wajar bila kemudian penggunaan sunblock saat ini tengah digencarkan. Tabir surya sejatinya termasuk produk yang wajib dimiliki saat harus beraktifitas diluar ruangan. Sebaiknya, pemakaian tabir surya atau sunblock ini dilakukan ketika kamu beraktifitas cukup lama di luar rumah, seperti ke kantor atau sekadar hangout bersama sahabat.

Meski terkesan ribet, penggunaan sunblock ternyata sangat penting untuk melindungi kulitmu dari bahaya sinar UVA dan UVB yang berisiko menjadikan kulit menjadi rusak. Nah, apa jadinya bila kamu lupa mengoleskan sunblock saat harus terpapar sinar matahari seharian? Ini lima diantara bahaya yang mengintai kulit kamu! Simak ya!

1. Penuaan

Efek penuaan kulit berupa kerutan dan kulit kendur bisa menjadi ancaman yang serius ketika kamu lupa mengoleskan tabir surya pada kulit wajah dan tubuh. Bintik pada wajah yang diakibatkan sinar matahari akan menjadikan warna kulit tidak merata dan menimbulkan hiperpigmentasi pada wajah. Hiperpigmentasi ini justru mempercepat proses penuaan pada wajah yang ditandai dengan munculnya kerutan wajah terlebih dulu.

2. Iritasi Kulit Serius

Kulit kamu bisa mengalami iritasi yang serius bila lupa menggunakan sunblock saat berada diluar rumah seharian. Sunblock merupakan perlindungan intensif yang diciptakan untuk membuat lapisan penghalang sinar matahari pada permukaan kulit. Lapisan inilah yang akan menghalangi radiasi sinar UVA dan UVB serta menjaga kulit dari iritasi karena terbakar sinar matahari secara langsung. Itulah sebabnya, pemakaian sunblock harus dioleskan ke seluruh bagian tubuh tanpa terkecuali.

3. Pelebaran Pembuluh Darah

Setelah kulit mengalami iritasi serius dan menimbulkan sensasi terbakar, maka yang terjadi selanjutnya cukup berbahaya untuk kulitmu. Efek terburuk saat kulit mengalami iritasi parah adalah melebarnya pembuluh darah pada kulit terutama di area wajah. Peristiwa ini disebut telangiekstasis yaitu proses pembuluh darah melebar karena paparan sinar matahari yang berlebihan pada kulit wajah, terutama ketika kulit wajah cenderung sensitif.

4. Peradangan Kulit

Terjadinya pelebaran pembuluh darah dan iritasi pada kulit wajah bisa menyebabkan peradangan kulit yang parah. Hal ini akan memicu banyak dampak buruk seperti penumpukan bakteri, pelebaran pori-pori kulit, sel kulit mati dan masih banyak lagi. Peradangan bisa menjadi penyebab kulit berjerawat dan membuat jerawat semakin parah.

5. Kanker Kulit

Inilah efek yang paling ditakuti semua orang saat berurusan dengan masalah kulit. Kanker kulit ternyata juga bisa disebabkan ketika kamu lupa mengoleskan sunblock di kulit. Radiasi sinar matahari yang sangat berbahaya bisa memicu iritasi hingga peradangan parah yang akhirnya membuat sel kanker bekerja aktif untuk menyebar di area kulit. Sinar UVA akan merusak DNA yang memicu terjadinya kanker pada kulit. Perlindungan maksimal untuk kulit saat berada dibawah sinar matahari sangat dibutuhkan untuk melapisi kulit dan mengurangi risiko kanker tersebut.

Itulah bahayanya bila kamu lupa mengoleskan sunblock saat berada di luar ruangan. Sunblock wajib digunakan pada saat yang dibutuhkan seperti ketika berenang atau bermain di pantai. Kamu perlu mengaplikasikannya secara tepat untuk perlindungan kulit maksimal. Sementara ketika aktifitas diluar tidak terlalu padat, kamu bisa memilih menggunakan sunscreen chemical yang formulanya lebih ringan dan cocok untuk dipakai sehari-hari. Pastikan penggunaan tabir surya sesuai kebutuhan dan jenis kulit kamu ya! Semoga bermanfaat!

Admin Pratista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *