Pakai Sunblock yang Benar, Jangan Lakukan 6 Kebiasaan Ini Ya!

Pakai Sunblock yang Benar, Jangan Lakukan 6 Kebiasaan Ini Ya!

Sunblock atau tabir surya pasti sudah akrab ditelinga masyarakat Indonesia. Maklum, sebagai individu yang tinggal di negara beriklim tropis, sudah sewajarnya sunblock menjadi salah satu produk pelindung kulit yang paling banyak dibutuhkan. Mengingat fungsinya sebagai pelindung kulit dari radiasi sinar matahari, sunblock pun sering digunakan pada saat beraktifitas di bawah sinar matahari dalam waktu relatif lama. Namun sayangnya, tidak banyak orang mengetahui cara yang benar untuk memakai produk pelindung kulit tersebut. Kok bisa ya?

Menggunakan sunblock saat berada di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama merupakan suatu keharusan untuk melindungi kulit dari bahaya radiasi, kanker kulit dan risiko lainnya. Sayangnya, banyak dari mereka yang menggunakan sunblock justru melakukan kebiasaan yang salah dan membuat sunblock tersebut tidak berfungsi secara optimal. Bagaimana dengan Anda? Berikut adalah kebiasaan yang sebaiknya tidak dilakukan saat hendak memakai sunblock, yuk simak!

1. Sunblock Dipakai Saat Sudah Berganti Pakaian

Banyak orang yang melakukan hal ini dan tanpa mereka sadari, penggunaan sunblock pun tidak bisa maksimal untuk seluruh tubuh. Sunblock harus digunakan secara merata dengan cara dioleskan ke seluruh bagian tubuh. Bila ada yang tertinggal, pastinya perlindungan sinar matahari tidak akan sempurna. Pakailah sunblock ketika masih di dalam ruang ganti secara merata dan pastikan setelah keluar dari ruang ganti tersebut, Anda tidak lagi menyentuh sunblock untuk dioleskan kembali.

2. Dipakai Diluar Ruangan

Dilihat dari banyaknya kebiasaan yang dilakukan masyarakat Indonesia, mereka akan mengoleskan sunblock saat sudah berada di tengah pantai, hendak berjemur, atau sudah akan berenang di kolam. Padahal, waktu yang tepat dalam penggunaan sunblock adalah saat Anda masih berada di dalam ruangan. Bahkan, dari penelitian yang telah dilakukan sunblock tidak bisa bekerja langsung setelah dioleskan. Sunblock mulai membentuk lapisan pelindung di permukaan kulit setelah Anda mengoleskan produk tersebut 30 menit sebelum berada di luar ruangan. Nah, sekarang Anda bisa memperkirakan waktu yang tepat ya!

3. Area Tertentu yang Penting

Bagi sebagian orang akan sangat penting melindungi bagian tubuh seperti wajah, leher, tangan dan kaki dari sengatan sinar matahari. Di area tersebut merupakan bagian yang paling banyak mendapatkan “jatah” sunblock untuk dioleskan. Namun, terkadang Anda melupakan bagian yang penting lainnya seperti telinga, belakang leher, kelopak mata, jari kaki, dan bagian bawah kaki. Hal ini penting untuk melindungi kulit dari belang yang mungkin tercipta saat Anda berjemur atau berenang.

4. Melupakan Perlindungan Terhadap Bibir

Bibir termasuk bagian wajah yang cukup peka dengan sengatan sinar matahari langsung. Banyak dari Anda yang memilih cara praktis untuk mengoleskan sunblock pada bagian tersebut. Padahal, sunblock justru tidak dianjurkan untuk melindungi bibir saat beraktifitas diluar ruangan. Formula dalam sunblock cenderung kuat, sehingga untuk bibir sebaiknya Anda menggunakan lipbalm dengan mengoleskannya sedikit lebih tebal.

5. Lindungi Wajah

Ada perbedaan antara sunblock yang digunakan sebagai pelindung tubuh dan wajah. Jangan gunakan sunblock khusus tubuh untuk wajah Anda dengan alasan apapun. Sunblock khusus untuk wajah mengandung formula lebih ringan dan melindungi kulit wajah dari iritasi serta jerawat setelah berjemur.

6. Menyesuaikan Jenis Sunblock

Tidak hanya untuk wajah, ternyata ada juga sediaan sunblock yang dikhususkan bagi Anda yang akan berenang atau beraktifitas dengan air. Pasalnya, sebagian sunblock tidak tahan air dan akan luntur setelah beberapa saat. Jadi, saat akan berenang sebaiknya pilih sunblock yang khusus tahan air ya!

Itulah beberapa kebiasaan yang seringkali dilupakan ketika menggunakan sunblock. Selain jenis dan fungsinya, sunblock juga wajib untuk dioleskan di bagian tubuh secara merata. Pastikan memakai sunblock tepat pada waktunya untuk perlindungan maksimal. Semoga bermanfaat!

Admin Pratista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *