Banyak yang Belum Tahu, Ini Beda Sunscreen dan Sunblock

Banyak yang Belum Tahu, Ini Beda Sunscreen dan Sunblock

Paparan sinar matahari secara langsung diketahui tidak baik untuk kesehatan kulit. Itulah sebabnya, penggunaan produk pelindung kulit dari sinar UVA dan UVB sangat dianjurkan bagi Anda yang beraktifitas diluar ruangan. Ada sunscreen dan sunblock yang umum digunakan saat harus beraktifitas dilapangan. Kedua jenis produk pelindung kulit tersebut mungkin sudah banyak yang tahu akan manfaatnya. Namun, tahukah Anda perbedaan dari kedua produk tersebut?

Sunscreen atau yang dikenal dengan tabir surya berbentuk lotion kimiawi untuk menyaring sinar matahari. Secara otomatis lotion tersebut masuk ke dalam kulit Anda dan menyerap radiasi yang disebabkan sinar UV. Sementara sunblock bertekstur lebih kental dengan fungsi membangun lapisan di atas permukaan kulit untuk menghalangi sinar matahari yang masuk. Nah, selain tekstur dan fungsinya yang hampir mirip, ternyata keduanya memiliki perbedaan cukup signifikan lho! Apa saja ya? Yuk simak!

1. Formula Sunscreen dan Sunblock

Sunscreen diperkaya dengan aminobenzoic acid, dan cinoxate yang melindungi kulit dari sinar matahari. Namun, karena merupakan tabir surya chemical, maka kinerja produk ini juga tidak bisa melindungi secara tuntas. Sunscreen biasanya dilengkapi dengan keterangan SPF yang menunjukan waktu untuk perlindungan kulit. Semakin tinggi kadar SPF, maka semakin lama perlindungan diberikan sebelum nantinya Anda harus mengaplikasikan produk itu lagi. Meski demikian, perlindungan terhadap kulit melalui pemakaian sunscreen masih membuat sinar matahari terserap oleh kulit dalam jumlah yang sedikit. Sementara produk yang bernama sunblock adalah lotion kental dengan kandungan Zinc Oxide atau Titanium Dioxide yang menghalangi sinar matahari masuk ke kulit. Inilah sebabnya, sunblock lebih dikatakan sebagai produk yang tepat untuk menghalangi UVA dan UVB sekaligus.

2. Manfaat Berbeda Keduanya

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, kedua produk baik sunscreen maupun sunblock memiliki fungsi yang sama yaitu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Namun, dua produk pelindung ini juga memiliki manfaat masing-masing yang membuatnya berbeda. Sunscreen lebih diutamakan bisa melindungi kulit dari radiasi sinar matahari meski tetap menyerap sinar matahari tersebut dalam jumlah yang sedikit. Sementara sunblock mampu membentuk lapisan pelindung pada permukaan kulit, sehingga kedua jenis sinar UVA dan UVB terhalang oleh lapisan tersebut dengan sempurna. Oleh sebab itu, pemakaian kedua produk ini lebih ditekankan pada kebutuhan yang diperlukan setiap orang.

3. Waktu Pemakaian

Dilihat dari waktu pemakaian yang tepat, banyak orang yang memilih menggunakan sunscreen karena memang teksturnya yang tidak terlihat mata. Penggunaan sunscreen dianjurkan ketika keluar rumah dalam waktu cukup lama misalnya saat Anda harus ke kantor, jalan ke mall dan aktifitas lain yang membuat Anda beranjak dari rumah. Sedangkan pemakaian sunblock banyak dimanfaatkan ketika seseorang berada di luar ruangan dan melakukan aktifitas cukup lama seperti bermain di pantai atau berenang.

Nah, penjelasan yang telah dipaparkan diatas bisa memberikan referensi untuk Anda yang ingin menggunakan kedua jenis produk tersebut untuk melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. Namun, perlu diketahui bahwa pemakaian sunscreen ataupun sunblock lebih ditekankan pada kebutuhan kulit Anda dan waktu Anda berada di luar ruangan. Untuk perlindungan yang sederhana, sebaiknya sunscreen diaplikasikan setiap saat ketika hendak keluar rumah. Namun saat Anda membutuhkan perlindungan lebih di bawah sinar matahari, sunblock bisa jadi pilihan. Mudah bukan?

Admin Pratista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *