Penyebab Bekas Jerawat Diwajah

Penyebab Bekas Jerawat Diwajah

Jerawat bisa menjadi masalah bagi siapa saja. Masalah jerawat yang bisa disembuhkan tidak serta merta hilang begitu saja. Biasanya akan muncul masalah baru berupa bekas jerawat yang membuat seseorang melakukan berbagai cara untuk mengatasinya. Bekas jerawat memang cukup mengganggu dan membutuhkan tindakan khusus bila ingin menghilangkannya secara tuntas. Oleh sebab itu, alangkah baiknya mencegah bekas jerawat tersebut muncul dengan memperlakukan jerawat dengan tepat.

Beberapa kebiasaan ternyata justru memicu munculnya bekas jerawat. Tindakan yang tidak tepat dalam mengatasi jerawat juga termasuk penyebab bekas jerawat tersebut muncul dan sukar dihilangkan dari wajah mulus Anda. Ingin tahu penyebab bekas jerawat di wajah? Ini lima diantaranya!

1. Faktor Jenis Jerawat

Beberapa jenis jerawat ternyata justru menjadi pemicu munculnya bekas jerawat, misalnya jerawat yang meradang parah dan terlambat mendapat penanganan. Jerawat bisa membentuk hiperpigmentasi sendiri yang menimbulkan masalah flek hitam di wajah. Jadi, pada dasarnya beberapa jenis jerawat memang sudah pasti meninggalkan bekas pada kulit ketika sembuh. Satu diantaranya adalah jerawat kistik atau jerawat batu yang ternyata merupakan jerawat dengan tipe peradangan cukup parah di permukaan kulit lebih dalam.

2. Kosmetik yang Tidak Tepat

Penggunaan kosmetik yang tidak tepat juga menjadi pemicu jerawat meninggalkan bekas. Misalnya, ketika Anda memilih jenis pembersih yang tidak sesuai dengan jenis kulit, pemakaian bedak padat terlalu sering, atau lupa menggunakan tabir surya saat keluar rumah juga menjadi penyebab bekas jerawat semakin parah ketika sudah berhasil sembuh. Wajah berjerawat juga akrab dengan pemakaian pelembab di waktu-waktu tertentu untuk menjaga kadar pH seimbang di wajah Anda.

3. Keturunan

Ternyata belum semua orang mengetahui bahwa faktor genetik juga bisa menjadi penyebab jerawat meninggalkan bekas yang membandel. Biasanya faktor ini lekat dengan orang berkulit gelap yang memang cenderung mengalami masalah flek hitam. Sebanyak 20 % dari mereka yang mengalami jerawat merupakan garis keturunan berkulit gelap yang terbukti lebih berisiko untuk memiliki bekas jerawat berupa flek hitam.

4. Kebiasaan Menyentuh Jerawat

Faktor berikutnya adalah intensitas tangan untuk menyentuh jerawat yang memang sudah menjadi rahasia umum. Para pakar memang menganjurkan untuk menghindari sentuhan langsung pada wajah, terutama saat Anda belum membersihkan tangan dengan tepat. Selain kebiasaan menyentuh wajah berjerawat dengan tangan, faktor lain yang menimbulkan bekas jerawat adalah memencet jerawat tersebut. Kotoran dan bakteri yang ada di tangan secara otomatis akan menghambat pertumbuhan jerawat dan membuat jerawat menjadi berbekas saat sudah sembuh. Bila terpaksa harus menyentuh, pastikan tangan dalam kondisi bersih ya!

5. Pola Makan dan Hormon

Pola makan yang tidak sehat bisa memicu jerawat meninggalkan bekas di wajah ketika sudah disembuhkan. Beberapa jenis makanan berlemak dan mengandung soda memang terbukti menjadi makanan yang memicu radang jerawat semakin parah. Hindari beberapa jenis makanan yang membuat jerawat semakin meradang, sehingga bekas jerawat bisa diatasi. Penyebab lain bekas jerawat adalah hormon yang dipengaruhi oleh tingkat stres tinggi dan bisa dicegah bila Anda mampu mengelola stres tersebut.

Nah, beberapa penyebab yang dipaparkan tersebut bisa menjadi pemicu munculnya bekas jerawat di wajah. Intinya, bekas jerawat bukan hanya terjadi karena kebiasaan yang salah seperti memencet jerawat saja, ada juga faktor lain yang menjadikan jerawat semakin parah hingga menimbulkan bekas membandel. Beberapa masalah bekas jerawat tersebut bisa diatasi dengan penanganan yang tepat baik menggunakan bantuan medis atau treatment lainnya yang dinilai aman dalam jangka panjang. Semoga bermanfaat ya!

Admin Pratista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *