Penyebab Jerawat Membandel Pada Wanita yang Wajib Diketahui

Penyebab Jerawat Membandel Pada Wanita yang Wajib Diketahui

 

Jerawat ialah salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Jenis bisul yang satu ini memang paling mengganggu. Di samping itu rasa nyeri, keberadaannya pun sangat mengganggu penampilan. Biasanya timbul di wajah akan tetapi jerawat juga dapat tumbuh dilokasi lain misalnya pada punggung atau bahkan miss v.

Jerawat dapat jadi masalah besar untuk penderitanya. Meski tidak memengaruhi organ atau tubuh lainnya, mereka yang berjerawat sering  kehilangan rasa percaya diri dan merasa frustasi. Terlebih, apabila telah mengupayakan sekian banyak macam cara, tetapi jerawat membandel tak kunjung hilang.

 

Bagi Anda perempuan yang merasakan jerawat yang tak kunjung sembuh tentu kerap merasa kesal. Segala perawatan dan pengobatan juga sudah dilakukan, namun jerawat tak kunjung mengempis. Pada wanita, penyebab jerawat tidak hanya wajah yang kurang bersih saja akan tetapi juga ketidakseimbangan hormon. Ketidakseimbangan hormon ini juga dapat memicu jerawat meradang. Berikut ini beberapa penyebab tumbuhnya jerawat khususnya pada perempuan.

Makeup

Pemakaian makeup yang tidak cocok maka bisa memunculkan jerawat. Sebaiknya pilih makeup yang sungguh-sungguh cocok dengan kulit Anda. Perhatikan pula bahan pembuatnya. Jika Anda miliki kulit berminyak, usahakan pilih yang berbahan dasar air. Jangan lupa untuk membersihkan makeup dengan bersih,khususnya sebelum tidur

Hormon ketika puber

Saat masa pubertas, anak perempuan merasakan peningkatan hormon yang dinamakan androgen. Peningkatan ini sebabkan kelenjar minyak menjadi lebih aktif. Kadar androgen yang tinggi seringkali ditandai dengan jumlah rambut yang berlebih pada tubuh,tergolong di lokasi wajah misalnya saja pada kumis. Pemilik wajah berminyak pun sebaiknya waspada karena bisa jadi hormon ini berkembang dalam jumlah berlebih. Perubahan hormon pada perempuan kerap terjadi, terutama ketika mendekati menstruasi. Atau dapat juga ketika terjadi kehamilan dan menopause.

Benda di sekitar

Penggunaan benda-benda keseharian seperti helm, ransel hingga sprei dan kasur dapat menyebabkan jerawat karena ada penumpukan bakteri.

Obat-obatan

Penggunaan obat-obatan tertentu juga dapat merangsang terjadinya jerawat membandel Contohnya obat-obatan cotohnya seperti obat depresi dan epilepsi.

Genetika

Faktor genetika memang dominan pada jerawat. Coba perhatikan anggota keluarga Anda apakah mempunyai jerawat membandel dalam jumlah yang banyak pada kulitnya.

Tidur kurang

Tidur tidak cukup juga dapat menjadi  penyebab timbulnya jerawat. Kalau tidak istirahat, hormon bakal mem-push guna bekerja. Hormon androgen meningkat ketika begadang. Hormon androgen ini bertambah maka bisa menambah kelenjar minyak, dan mengakibatkan jerawat membandel.

 

Wanita yang sudah melalui usia pubertas di atas 35 tahun usahakan waspada jika jerawat tak kunjung sembuh. Bisa jadi masalahnya bukan terdapat di kulit saja tetapi juga pada kelenjar adrenal. Mudah berjerawat saat sedang stres pun usahakan diperhatikan, sebab termasuk salah satu fenomena hiperandrogen.

Pengobatan efektif untuk jerawat ialah dengan mengonsumsi obat anti androgen yang mempunyai sifat oral. Beberapa dokter pun mengklaim bahwa pil kontrasepsi dapat membetulkan siklus menstruasi dan meminimalisir jerawat.Namun hal yang demikian dapat menyebabkan efek samping mengingat adaanya bahan kimia yang ada di dalam obat kimia tersebut. Demikian ulasan mengenai penyebab-penyebab jerawat membandel pada perempuan yang dapat Anda ketahui. Semoga dengan ulasan diatas dapat membantu Anda untuk mencegah ataupun menghindari jerawat. Alangkah baknya Anda juga merubah pola hidup sehingga lebih sehat sehingga kulit tubuh maupun kulit wajah Anda tetap tampak sehat dan bersih.

Admin Pratista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *