Perbedaan Milia dan Whiteheads

Perbedaan Milia dan Whiteheads

Ada yang tahu apa itu milia dan whiteheads? Pasti banyak yang menjawab milia dan whiteheads merupakan salah satu jenis komedo putih. Itulah salah satu pernyataan yang salah kaprah, kenapa demikian? karena milia dan whiteheads merupakan jenis masalah kulit yang berbeda dan sama sekali memiliki cara mengatasi yang berbeda pula. Hanya sedikit orang yang dapat menyadari perbedaannya, sehingga kebanyakan menyamakan perawatannya, apakah kamu salah satunya? Ini ada informasi penting buat kamu yang suka menyamakan milia dan whiteheads, simak baik – baik biar kamu tidak salah lagi.

  1. Milia

Milia merupakan salah satu kelainan pada kulit yaitu berupa benjolan kecil yang keras pada permukaan kulit dan atas memiliki warna putih hampir seperti jerawat. Namun milia tidak terasa sakit, tidak menginfeksi, dan tidak dapat membesar seukuran jerawat. Tidak hanya di wajah milia bisa muncul pada siku, lutut dan daerah dada atas kadang juga dipungung. Untuk mengatasinya sendiri berbeda dengan mengatasi jerawat atau whiteheads, cara tepat mengatasi milia sebagai berikut:

  • Milia hanya dapat diatasi dan dihilangkan dengan tindakan dokter kulit atau dermatolog, biasanya dilakukan dengan cara melubangi kulit hampir sama dengan facial wajah. Lakukan perawatan secara rutin minimal 1 kali dalam satu bulan, untuk menghilangkannya dengan bersih.
  • Milia juga akan bisa tumbuh kembali namun diarea yang berbeda, dengan itu lakukan perawatan dengan menggunakan produk dengan kandungan AHA dan BHA. Ada banyak produk dengan kandungan AHA dan BHA yang terdapat di toko obat atau apotik sekitar kamu.
  • Gunakan produk yang juga mengandung salicylic acid untuk membantu menjaga dan melindungi kulit dari dalam tubuh. Namun perlu diingat pilihlah produk obat yang tepat dan selalu dalam pengawasan dokter agar lebih aman dan terhindar dari masalah.
  1. Whiteheads

Whiteheads atau yang lebih dikenal dengan sebutan komedo putih merupakan salah satu jenis jerawat ringan yang muncul pada kulit wajah. Whiteheads terjadi akibat pori – pori tersumbat oleh kotoran sehingga terinfeksi oleh oleh bakteri. Komedo jenis ini biasanya berupa benjolan dibawah kulit dengan warna sedikit keputihan atau bisa terlihat seperti warna kulit. Ada beberapa cara yang tepat untuk membersihkan dan menyingkirkan komedo putih ini, antara lain:

  • Rutinlah untuk menjaga kebersihan wajah karena komedo disebabkan oleh penumpukan kotoran da sel kulit mati. Gunakan produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu, agar tidak menyebabkan masalah kulit yang lainnya.
  • Gunakan masker dan scrubing untuk wajah agar mengangkat kotoran yang lebih dalam yang tidak dapat dijangkau oleh pembersih wajah biasa. Gunakan 1- 3 kali dalam satu minggu secara rutih.
  • Gunakan krim wajah bila diperlukan untuk melindungi dan mengoptimalkan regenerasi kulit wajah saat malam hari. Hal ini sangat bagus untuk menutrisi kulit dari luar, namun perlu diingat untuk memilih produk krim wajah yang tepat bila perlu konsultasikan kepada dokter spesialis terlebih dulu.
  • Pola hidup sehat juga sangat penting untuk memberikan nutrisi pada kulit dan tubuh dari dalam. Konsumsi makanan seperti sayuran dan buah segar, air putih, olahraga teratur dan cukup beristirahat.

Nah itu dia perbedaan mendasar antara milia dan whiteheads, dan beberapa cara yang tepat untuk mengatasinya. Jangan sampai salah lagi untuk membedakannya, agar tidak menimbulkan iritasi, infeksi serta alergi pada wajah. Selain itu perlu diingat untuk tidak memencet milia atau whiteheads dengan tangan dan secara paksa mengeluarkannya.

Admin Pratista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *