Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Tidak akan pernah ada habisnya jika kita membicarakan masalah kulit wajah, terutama untuk kulit yang mudah berjerawat. Ada beberapa jenis jerawat yang harus kamu tahu, seperti jerawat ringan komedo, papula, pustula, nodul dan yang paling berat jerawat batu/ jerawat kistik. Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang parah dengan sifat yang keras, jika ditekan akan terasa nyeri dan sakit. Penyebab jerawat batu sama seperti jerawat pada umumnya tersumbatnya pori – pori kulit oleh kotoran, debu, dan tidak bersih saat membersihkannya, namun pada jerawat batu cenderung memiliki infeksi yang serius dan sulit untuk dihilangkan.

Buat kamu yang memiliki jerawat jenis ini dan bingung mencari solusinya, jangan khawatir disini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. Memang sedikit sulit untuk menghilangkannya, namun jika sabar dan rutin maka akan cepat hilang, antara lain:

  1. Membersihkan wajah

Membersihkan wajah merupakan syarat utama untuk mengatasi jerawat batu dan juga untuk mengatasi masalah kulit lainnya. Gunakan pembersih wajah yang ringan dan memiliki foam yang halus, bila memilih pembersih yang berat dan keras akan membuat jerawat batu bertambah nyeri dan meradang. Atau konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu agar aman, dan sesuai untuk jenis kulit kamu.

  1. Gunakan masker alami

Ada masker alami yang cocok untuk jerawat batu yaitu masker dari tomat dan jeruk nipis. Tomat memiliki kandungan mineral tinggi dan juga kandungan anti bakteria yang sangat bagus untuk mengempeskan jerawat batu secara alami. Sama seperti tomat, jeruk nipis memiliki kandungan anti bakteria dan anti kuman yang tinggi untuk meredakan peradangan pada jerawat batu.

  1. Facial

Facial acne treatment sangat disarankan untuk yang memiliki jerawat batu, karena facial dapat menghentikan peradangan pada jerawat dan mengempeskan jerawat. Sehingga jerawat batu akan mudah untuk dihilangkan dan facial juga akan mencegah jerawat batu datang kembali.

  1. Acne injection

Acne injection merupakan metode penghilangan jerawat dengan menyuntikkan cairan/ obat khusus untuk menghilangkan jerawat. Jerawat batu akan hilang kurang dari 24 jam setelah acne injection, selain itu juga aman dan efisien tanpa efek samping. Lakukan acne injection khusus di tempat dokter specialist kulit atau dokter kecantikan, untuk mendapatkan hasil yang aman.

Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat batu dengan cara yang efektif, aman dan bagus untuk menghilangkan jerawat batu. Namun kamu juga wajib tahu beberapa penyebab dari jerawat batu bisa muncul, diantaranya sebagai berikut:

  • Faktor genetik, faktor keturunan merupakan penyebab umum jerawat batu. Jika terdahulu mu memiliki jerawat batu kamu juga harus bersiap mendapatkannya juga.
  • Infeksi merupakan salah satu penyebab jerawat batu, jerawat ringan atau komedo yang dihilangkan secara paksa dengan memencetnya dapat mengalami infeksi dan iritasi sehingga jerawat batu akan muncul.
  • Pola hidup tidak sehat dapat memicu jerawat ringan menjadi jerawat batu, hal ini disebabkan tubuh dan kulit tidak terjaga baik dari nutrisi dalam maupun luar. Serta jarang merawat dan membersihkan diri secara rutin dan cenderung asal – asalan. Sering konsumsi junk food, alkohol, merokok dan keluar malam akan membuat metabolisme tubuh terganggu dan mudah menerima ancaman dari luar.

Nah sangat seram sekali kan jika kulit wajah kalian tumbuh jerawat batu yang menimbulkan rasa nyeri dan tidak percaya diri. Lakukan pencegahan dengan merawat kulit wajah sebaik dan sebijak mungkin untuk menghindari masalah jerawat batu.

Admin Pratista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *