Fakta Tentang Komedo Di Wajah

Fakta Tentang Komedo Di Wajah

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata komedo? Jawabannya pasti menyebalkan, mengganggu, membuat kulit terasa kasar. Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang paling banyak di alami oleh baik pria maupun wanita, baik tua maupun muda. Komedo juga memiliki bentuk yang tidak terlihat dari kejahuan, dan hanya bisa dilihat dari dekat. Komedo membuat kulit terasa kasar, dan jika mengatasi komedo jangan pernah asal – asalan karena komedo dapat meradang serta menyebabkan jerawat. Bagi kamu yang belum mengetahui apa itu komedo, yuk simak baik – baik untuk pengetahuan baru.

Pada umumnya komedo dapat terjadi akibat pori – pori kulit yang terbuka, sehingga bakteri, kuman, kotoran dan radikal bebas masuk ke dalam kulit dan menyumbatnya. Selain itu komedo juga lebih suka muncul pada daerah T wajah, seperti hidung, dagu dan dahi. Sebelum mencari cara untuk membersihkan komedo, sebaiknya kamu harus tahu fakta – fakta menarik tentang komedo agar tepat melakukan perawatannya, antara lain:

  1. Komedo memiliki dua warna

Orang cenderung mendeskripsikan komedo berwarna hitam, namun kenyataannya komedo juga berwarna putih. Komedo terdiri dari dua jenis warna yaitu whitehead dan juga blackhead. Komedo whitehead cenderung lebih sulit untuk dihilangkan, karena memiliki tekstur yang lebih padat, dasar berwarna merah, dan atas berwarna putih seperti nasi. Sedangkan komedo blackhead cenderung memiliki rambut halus dan hanya seperti bintik hitam kecil.

  1. Komedo merupakan salah satu jenis jerawat

Komedo merupakan jenis jerawat ringan yang dapat menyerang semua jenis kulit, hal ini karena hampir setiap wanita tidak pernah bisa lepas dari make up. Ditambah jika menghilangkan komedo dengan cara yang tidak tepat dan bersih malah akan menjadi jerawat yang besar. Hal ini disebabkan oleh pembengkakan, iritasi dan tersumbatnya pori – pori kulit oleh sisa komedo yang tidak dapat terangkat.

  1. Kulit berminyak lebih rawan komedo

Memang hampir semua jenis kulit akan memiliki komedo, akan tetapi kulit berminyak akan cenderung lebih rentan terkena komedo. Sebum merupakan hasil produksi minyak dalam kulit, sebum juga berfungsi sebagai pelembab alami kulit. Namun jika kulitmu merupakan jenis berminyak maka bersiaplah memiliki komedo lebih banyak dibandingkan jenis kulit yang lain.

  1. Komedo mudah kembali

Komedo yang kecil, tidak dapat dilihat dari jauh, dan tidak terasa sakit seperti jerawat dan tidak ada efek yang cenderung dramatis jika tidak dihilangkan. Tapi jangan senang dulu, komedo sangat mudah untuk kembali lagi walau sudah dibersihkan ke akarnya atau menggunakan face treatment/ facial.

  1. Paparan sinar matahari memperbanyak komedo

Sama seperti masalah kulit yang lain, paparan sinar matahari yang langsung terkena kulit wajah akan membuat komedo juga semakin banyak pertumbuhannya. Jadi sebaiknya selalu lindungi kulit wajah agar tidak terkena bahaya sinar matahari dan sinar UV.

Nah itulah beberapa fakta menarik yang bisa jadi salah satu bahan pertimbangan memilih produk perawatan kulit agar tidak salah memilih. Pilihlah produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit, bila perlu konsultasikan kepada dokter spesialis untuk mendapatkan saran produk yang tepat. Ada salah satu cara yang cepat untuk menghilangkan komedo yaitu dengan melakukan face treatment seperti peeling, facial, scrubing di rumah kecantikan dengan rutin 1 kali dalam 2 minggu. Memang sedikit lebih mahal untuk biaya perawatannya namun hasil juga tidak pernah akan mengecewakan.

Admin Pratista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *