Penyebab Jerawat Saat Menstruasi Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Jerawat Saat Menstruasi Dan Cara Mengatasinya

 

Bicara soal jerawat pasti tidak akan ada habisnya, jerawat merupakan masalah kulit paling mengganggu dan merusak penampilan. Buat kamu yang memiliki kulit sensitif dan kulit berminyak pasti jerawat akan muda muncul kapan saja. Namun juga perlu diwaspadai buat kamu wanita yang jarang berjerawat, faktanya jerawat akan muncul ketika saat menstruasi. Semua wanita pasti akan mengalami jerawat muncul saat menstruasi, lebih baik kamu kenali terlebih dahulu penyebab.

Kenapa jerawat mudah muncul saat menstruasi? Jawababnya adalah ketika menstruasi produksi dan perubahan hormon akan cepat, dan salah satu hormon penyebab menstruasi yaitu hormon testosteron yang memicu jerawat. Jadi walau kulit kamu bukan tipe yang mudah berjerawat atau kulit kering, namun jerawat pasti akan muncul ketika kamu menstruasi ditambah bila kamu dalam masa – masa pubertas. Nah buat kamu yang bingung bagaimana buat menangani dan mengatasi masalah jerawat saat menstruasi , yuk simak beberapa cara yang mudah untuk dilakukan antara lain:

  1. Rutin membersihkan

Membersihkan wajah dan tubuh merupakan hal yang paling dasar dan paling wajib untuk dilakukan. Terutama buat kamu yang sedang dalam keadaan menstruasi dan berjerawat, menjaga kebersihan akan sangat baik untuk kulit dan tubuh. Namun perlu diingat saat membersihkan wajah gunakan sabun khusus untuk wajah, jangan gunakan sabun tubuh untuk membersihkan wajah. Gunakan sabun wajah sesuai dengan jenis kulit, agar jerawat tidak mengalami peradangan.

  1. Scrubing dan masker wajah

Gunakan scrub dan masker untuk mengatasi masalah jerawat dan merawatnya dari peradangan. Akan lebih baik jika menggunakan bahan – bahan alami karena tidak akan menimbulkan efek samping. Gunakan bahan seperti mentimun, tomat, bengkoang, lemon, dan lain sebagainya untuk membuat masker dan scrub wajah. Selain itu masker dan scrub akan membersihkan wajah secara lebih dalam, yang tidak dapat dijangkau oleh sabun pencuci wajah.

  1. Krim wajah

Jika sangat diperlukan krim wajah juga akan membantu jerawat yang meradang pada kulit kamu. Gunakan day cream yang memiliki kandungan SP namun F 30+ dan night cream yang dapat membantu proses regenerasi kulit wajah. Dan juga perlu diingat ada baiknya jika akan menggunakan krim wajah sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Dokter spesialis dapat mengarahkan dan memberikan resep yang cocok untuk jenis kulit wajah kamu. Jangan mudah percaya dengan iming – iming online shop penjual krim yang murah, dikhawatirkan itu merupakan produk palsu.

  1. Pola hidup sehat

Hal – hal diatas tidak akan berguna jika kamu tidak menerapkan pola hidup sehat, dan malah akan memperparah keadaan tubuh dan kulit wajah. Pola hidup sehat dapat dimulai dari konsumsi makanan sehat sayur dan buah segar, olahraga teratur, minum air putih minimal 8 gelas setiap hari. Dan juga yang paling penting adalah menghindari stres, alkohol, junk food, merokok dan juga begadang/ keluar malam. Hal ini akan mencegah tubuh dan kulit untuk terserang berbagai macam penyakit dan virus dari luar. Terutama buat kamu yang dalam kondisi menstruasi sangat rentan terhadap ancaman dari luar, karena perubahan hormon yang tidak stabil.

Itulah beberapa tips cara untuk mengatasi masalah jerawat saat menstruasi, dan juga untuk merawatnya agar tidak terjadi pembengkakan. Lakukan perawatan bukan hanya dari luar, lakukan perawatan juga dari dalam agar kulit dan tubuh dapat ternutrisi juga.

Admin Pratista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *