Hormon Penyebab Jerawat

Hormon Penyebab Jerawat

Hormon merupakan salah satu penyebab masalah kulit berjerawat, jerawat akan mudah muncul pada wanita karena wanita cenderung memiliki perubahan hormon yang cepat. Hormon testosteron merupakan hormon yang dapat meningkatkan produksi minyak berlebih pada kulit, sehingga dapat memicu jerawat tumbuh dengan cepat. Wanita cenderung akan lebih cepat memproduksi hormon testosteron dan biasanya ketika akan menstsruasi hormon ini meningkatkan kelenjar minyak. Dalam keadaan ini bakteri P.acne akan berkembang dengan cepat dan menyumbat pori – pori wajah yang tidak bersih sehingga munculah jerawat. Untuk kamu yang dalam masa remaja pubertas harus lebih berhati – hati karena hormon ini akan mudah memicu peradangan dan perkembangan jerawat.

Nah bila kamu dalam masa – masa pubertas, kamu harus lebih bijak dalam merawat kulit dan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Biasanya jerawat yang disebabkan oleh hormon ini akan sering muncul pada area T wajah kamu, seperti dahi, hidung dan dagu. Kenali beberapa faktor yang menyebabkan hormon meningkat dan akhirnya jerawat muncul, antara lain:

  • Obesitas

Obesitas merupakan salah satu penyebab hormon testosteron meningkat dan menurunkan beberapa fungsi organ tubuh. Obesitas juga akan menganggu kerja sel darah dengan membekukannya sehingga pori – pori akan mudah tersumbat dan jerawat muncul kepermukaan kulit.

  • Konsumsi makanan berminyak

Mengkonsumsi makanan tidak sehat dan berminyak dapat meningkatkan kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh. Serta akan memicu masalah kulit berminyak dan berjerawat, hal ini perlu diwaspadai oleh kamu yang suka konsumsi makanan berminyak dan mengandung lemak tinggi.

  • Merokok

Merokok dan alkohol merupakan salah satu pola hidup tidak sehat, hal ini akan mempermudah hormon untuk diproduksi dalam jumlah yang sangat besar dan menganggu kesehatan beberapa organ tubuh yang penting untuk kulit.

  • Stres

Terlalu tertekan, mudah stres, dan tekanan darah yang tinggi akan mudah untuk membuat hormon tidak stabil, sehingga hormon akan cepat berkembang dan memicu tumbuhnya jerawat.

  • Perawatan wajah yang salah

Kurang mengenali jenis kulit dan memilih produk perawatan yang sembarangan akan membuat kulit menjadi lebih sensitif, dan beberapa bahan kimia didalam produk perawatan kulit akan menyerap dan mempengaruhi kestabilan hormon.

Itulah beberapa hal yang harus kamu jaga agar hormon tetap stabil, dan jerawat tidak akan mudah datang. Karena kestabilan hormon sangat penting untuk metabolisme tubuh dan juga untuk kulit wajah yang berjerawat. Selain itu kamu juga harus tahu apa saja untuk membuat hormon tetap stabil, antara lain:

  1. Konsumsi sayur dan buah

Sayuran dan buah segar akan mudah diterima dan mengandung banyak vitamin yang dapat membuat hormon tetap stabil. Serta dapat menutrisi sel – sel darah dan kulit dengan cepat, tanpa menimbulkan efek samping.

  1. Minum air putih

Minum air putih minimal 8 gelas setiap hari merupakan hal yang paling penting untuk menjaga tubuh dan kulit dari dehidrasi, dan juga membuat menekan produksi hormon berlebih.

  1. Olahraga

Olahraga selain membuat tubuh tetap sehat dan bugar, juga akan membantu untuk menekan perkembangan hormon dan menjaga kestabilan hormon.

  1. Pola hidup sehat

Olahraga, konsumsi sayur dan buah, minum air putih merupakan salah satu pola hidup sehat, namun disini pola hidup sehat juga meliputi tidak begadang, keluar malam, merokok, konsumsi junk food dan alkohol. Hal ini akan membantu untuk menyetabilkan hormon agar tidak mudah stres dan menyebabkan masalah kulit berjerawat.

Jadi sangat mudah bukan untuk mengendalikan hormon serta mencegah jerawat untuk muncul, selain itu akan membuat tubuh kamu tetap sehat dan bugar.

Admin Pratista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *