Makanan Penyebab Jerawat

 

Wajah bersih bebas jerawat menjadi keinginan seluruh wanita. Tapi pada faktanya banyak sekali wanita yang mengalami masalah jerawat. Jerawat timbul karena kdar minyak berlebih yang menyumbat pori pori kulit. Kemudian timbulnya bakteri jerawat yang menyebabkan iritasi dan pembekakan, sehingga tumbuhlah jerawat. Jerawat harus diobati, bisa dengan menggunakan produk produk anti acne atau dengan melakuka perawatan di klinik dokter kecantikan. Penyebab utama timbulnya jerawat adalah kadar mjnyak berlebih dan kondisi kulit yang kotor. Ketika kulit kita memiliki kelebihan minyak, maka akan rentan kotor. Kondisi ini dabat menumbuhkan bakteri jerawat. Oleh karena itu, kita harus ekstra hati hati dalam menjaga keversihan kulut di area wajah. Agar tidak sampai tumbuh jerawat.

Penyebab kelenjar minyak bekerja terlalu aktif sehingga memproduksi minya dalam jumlah terlalu banyak, bisa dikarenakan hormonal. Selain itu jenis makan yang kita konsumsi juga bisa menyebabkan produksi minyak berlebih. Jadi, harus lebih berhati hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Nah berikut ini jenis jenis makan yang harus kamu hindari, karena dapat memicu tibulnya jerawat. Apa saja makanan makanan tersebut? Berikut ini penjelasannya.

  1. Makanan olahan dari susu

Susu, keju, yoghrut, dan makan olahan lain yang terbuat dari susu harus kamu kurangi. Makanan tersebut memang tinggi kalsium tapi jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu timbulnya jerawat. Kandungan hormon di dalam susu dapat mmemicu tumbuhnya jerawat karena dapat menyebabkan kelenjar minyak terus berkembang dan menghasilkan minyak dalam jumlah yang berlebihan.

  1. Makanan pedas

Makan pedas dapat menaikan sirkulasi darah pada wajah, hal inilah yang menyebabkan wajah kita merah ketika memakan makanan pedas. Selain itu, kondisi sirkulqsi darah yang meningkat di wajah dapat memicu timbulnya jerawat. Tidak hanya jerawat, makan pedas dapat mengganggu pencernaan. Pencernaan yang terganggu juga bisa menjadi penyebab tumbuhnya jerawat.

  1. Soda

Minuman bersoda mengandung zat aspartam. Zat ini membuat pH menurun dan menimbulakan peradangan pada tubuh. Selain itu kadar gula dalam minuman bersoda juga tinggi yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Hal ini membuat jerawat akan mudah muncul dan bertambah parah, apalagi jika kamu  terlalu sering mengonsumsi minuman ini. Dari pada air bersoda, lebih baik cukupi kebutuhan air putih saja, 8 gelas perhari.

  1. Makanan manis

Cokalt, permen, kue, cake dan makan lain yang manis manis harus dikurangi. Karena makan tersevut dapat meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh. Kadar gula darah yang meningkat juga dqpat meningkatkqn kinerja hormon yang menimbulakan jerawat. Disamping itu, makan mabis juga dapat merusak kolagen dan serat elastin di dalam kulit. Terlalu sering mengkonsumsi makan manis dapat membuat kulit kering. Sehingga terjadi penumpukan sel kulit mati pad pori pori, lalu tumbuhkah jerawat. Jadi kurangi makanan manis ya. Sebagai pengganti, kamu bisa makan buah buahan saja. Manisnya alami, kaya vitamin, kaya serat, baik untuk pencernaan dan rasanya segar.

  1. Makanan cepat saji (junk food)

Makan ini mengandung kadar lemak dan gula yang tinggi. Konsumsi terlalu sering bisa menyebabkan jerawat dan jenis penyakit lain, seperti obesitas. Jadi hindari konsumsi junk food ya. Lebih baik sayuran segar dari pada makanan tersebut.

Itulah beberapa makan yang dapat menyebabkan jerawat. Hindari makanan makanan di atas, perbanyak minum air putih, makan sayuran dan buah buahan dan istirahat yang cukup. Semoga bermanfaat.

Admin Pratista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *